You Are Here:
17 June, 2012

Efek Samping Krim Pemutih Wajah

Setiap orang punya alasan sendiri mengapa mereka menggunakan krim pemutih wajah. Adakah efek samping dari krim pemutih wajah yang membahayakan?

Beberapa masalah kulit seperti hiperpigmentasi, bintik hitam karena penuaan atau warna kulit tidak merata membutuhkan perawatan tersendiri. Beberapa penyebab dari perubahan warna kulit adalah kerusakan akibat sinar matahari, perubahan hormon, penuaan, dan genetika. Banyak orang yang memilih menggunakan krim pemutih wajah karena relatif lebih mudah digunakan. Tapi, perhatikan isi kandungan krim pemutih anda untuk menghindari berbagai efek samping yang mungkin anda alami.

Efek Samping Hydroquinone

Hydroquinone adalah bahan utama yang sering ada dalam sebuah produk krim pemutih, dan memberikan kontroversi di berbagai kalangan. Tapi secara umum, Hydroquinone dianggap tidak berbahaya jika tidak lebih dari 2%. Efek samping yang mungkin terjadi dari bahan ini adalah iritasi atau sensasi terbakar. Selain itu, mungkin menyebabkan gatal dan kemerahan pada kulit.

Reaksi Alergi

Pada jenis kulit tertentu, seperti kulit sensitif, mungkin saja terjadi alergi pada sebuah produk krim pemutih wajah. Gejala yang timbul misalnya rasa perih, gatal atau bengkak. Allergic contact dermatitis adalah istilah medis untuk menggambarkan reaksi alergi karena kontak kulit dengan bahan tertentu. Hentikan penggunaan krim pemutih jika anda merasa ada alergi.

Efek samping Merkuri

Penggunaan merkuri pada kosmetik juga menimbulkan kontroversi, bahkan banyak pihak yang melarang penggunaannya. Krim pemutih yang mengandung merkuri memang jangan digunakan dalam jangka waktu yang lama karena bisa menyebabkan keracunan. Selain itu, penggunaannya dapat terakumulasi dalam sel-sel tubuh dan menyebabkan kerusakan hati dan ginjal.

Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar UV memang menjadi ‘musuh’ kulit, apalagi ketika anda menggunakan krim pemutih wajah. Hydroquinone dan merkuri menyebabkan kulit hiper-sensitif terhadap sinar matahari. Jauhi sinar matahari setelah menggunakan kulit krim pemutih, atau memakai pakaian pelindung dan menggunakan tabur surya diatas SPF 15 saat keluar rumah.

Hati-hati dengan Peroksida

Benzoil peroksida, hidrogen peroksida, atau peroksida lainnya tidak boleh digunakan pada produk krim pemutih, terutama ketika menggunakan hydroquinone. Kombinasi dari hidrokuinon dan peroksida dapat menyebabkan warna kulit lebih gelap untuk sementara.

Kehamilan dan Menyusui

Krim pemutih kulit tidak dianjurkan selama kehamilan atau menyusui. Krim ini dapat masuk ke aliran darah ibu dan juga ke janin atau bayi.

Jika anda punya alasan untuk menggunakan krim pemutih wajah maka hati-hatilah dalam memilih untuk menghindari efek samping. Lebih baik lagi jika anda konsultasikan dengan dokter kulit terlebih dahulu karena ini menyangkut kulit wajah anda yang sensitif dan masalah kesehatan jangka panjang anda.

Recent Post

25 November, 2012

Cara Menghilangkan Selulit Tanpa Operasi

Cara Menghilangkan Selulit Tanpa Operasi – Walaupun tidak bisa menghilangkan selulit secara total, tapi ada beberapa cara yang bisa mengurangi tampilan selulit anda tanpa operasi. Selulit adalah istilah non medis untuk lemak tak berbentuk yang mendorong jaringan ikat di bawah kulit. Ini menyebabkan beberapa garis putih bergelombang pada beberapa bagian tubuh seperti paha, bokong, atau ..

23 November, 2012

Cara Memakai Jilbab untuk Wajah Persegi

Cara Memakai Jilbab untuk Wajah Persegi – Memiliki wajah persegi bisa membuat anda terlihat lebih maskulin, tapi dengan trik memakai jilbab yang tepat untuk wajah persegi, anda bisa kok terlihat lebih feminin. Jilbab mulai banyak dikenakan oleh wanita di negara kita. Dengan model jilbab yang kontemporer ditambah dengan cara memakai jilbab yang modern, maka anda ..

23 November, 2012

Krim Malam untuk Usia 20an

Krim Malam untuk Usia 20an – Menggunakan krim malam adalah salah cara mencegah penuaan dini, dan bisa anda gunakan sejak usia anda 20an. Malam hari adalah waktu yang tepat untuk melakukan perawatan kulit, karena pada malam hari penyerapan produk perawatan kulit dan pengelupasan kulit lebih optimal. Itu adalah alasan mengapa kita perlu menggunakan krim malam. ..