You Are Here:
18 July, 2012

Manfaat dan Efek Samping Sedot Lemak

Sedot lemak atau liposuction banyak dipilih sebagai sarana menyingkirkan lemak dari bagian tubuh tertentu secara instan. Apa manfaat dan efek samping dari sedot lemak?

Apa itu sedot lemak atau liposuction?

Sedot lemak adalah salah satu bentuk bedah kosmetik yang telah ada sejak 1970-an dan semakin banyak dikenal oleh masyarakat. Pada liposuction konvensional, digunakan perangkat hisap bertekanan tinggi yang membantu membersihkan tubuh dari sel-sel lemak, menyebabkan kulit mengerut dan membantu pembentukan tubuh.

Beberapa Prosedur dari Sedot Lemak

Selain liposuction konvensional, ada beberapa jenis prosedur sedot lemak, diantaranya adalah tumescent liposuction dan ultrasonic liposuction. Tumescent liposuction menggunakan garam dalam volume besar untuk membantu memecah timbunan lemak. Sedangkan ultrasonic liposuction menggunakan getaran gelombang suara. Metode ini dapat dilakukan sebagai non-invasif atau laser liposuction. Laser lipo tidak memerlukan jahitan dan dilakukan tanpa menggunakan penyedot vakum.

Manfaat Sedot Lemak

Setiap orang memiliki alasan tersendiri mengapa memilih menggunakan metode sedot lemak, tapi sebagian besar alasannya adalah kecantikan dan pembentukan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat dan kelebihan dari metode sedot lemak:

  • Menghilangkan sel-sel lemak secara permanen.
  • Membantu menyingkirkan lemak yang tidak bisa dihilangkan dengan diet dan olahraga.
  • Membantu pembentukan tubuh sesuai keinginan.
  • Volume lemak bisa disedot dalam jumlah yang cukup besar.
  • Teknik lipo laser memungkinkan menyedot lemak tanpa operasi invasif.

Kemungkinan Efek Samping Sedot Lemak

Setiap proses operasi memungkinkan munculnya beberapa efek samping. Sebaiknya anda ketahui dan diskusikan dengan dokter anda sebelum memilih metode sedot lemak ini. Berikut ini beberapa kemungkinan resiko dan efek samping dari sedot lemak:

Memar
Ada kemungkinan menimbulkan memar, khususnya jika pasien memiliki kecenderungan untuk pendarahan.

Peradangan
Pada beberapa kasus, pembengkakan bisa memakan waktu hingga enam bulan untuk mengatasinya.

Penyimpangan Contour
Hal ini bisa terjadi jika pasien memiliki elastisitas kulit yang buruk, atau pembuangan lemak yang tidak merata.

Mati rasa
Pada area yang dilakukan sedot lemak mungkin mati rasa untuk sementara waktu, hal ini biasanya hanya sementara. Mungkin juga ada iritasi saraf sementara.

Infeksi
meskipun jarang, infeksi kulit dapat terjadi setelah operasi sedot lemak. Kadang-kadang ini perlu dirawat dengan operasi, dengan risiko jaringan parut.

Reaksi alergi
Mungkin ada reaksi alergi terhadap obat atau bahan yang digunakan selama operasi. Tapi biasanya hal ini akan dilakukan antisipasi sebelum proses operasi sedot lemak.

Ada beberapa kemungkinan efek samping lainnya, walaupun termasuk kasus yang langka seperti gangguan ginjal dan jantung, edema paru, dll.

Itu adalah beberapa kemungkinan manfaat dan efek samping dari sedot lemak. Tentu saja proses operasi seperti ini harus dilakukan oleh seorang dokter ahli. Dan beberapa pakar mengatakan bahwa sedot lemak bukan cara yang tepat untuk menurunkan berat badan secara keseluruhan tapi sebagai salah satu metode pembentukan tubuh agar lebih ideal.

Recent Post

25 November, 2012

Cara Menghilangkan Selulit Tanpa Operasi

Cara Menghilangkan Selulit Tanpa Operasi – Walaupun tidak bisa menghilangkan selulit secara total, tapi ada beberapa cara yang bisa mengurangi tampilan selulit anda tanpa operasi. Selulit adalah istilah non medis untuk lemak tak berbentuk yang mendorong jaringan ikat di bawah kulit. Ini menyebabkan beberapa garis putih bergelombang pada beberapa bagian tubuh seperti paha, bokong, atau ..

23 November, 2012

Cara Memakai Jilbab untuk Wajah Persegi

Cara Memakai Jilbab untuk Wajah Persegi – Memiliki wajah persegi bisa membuat anda terlihat lebih maskulin, tapi dengan trik memakai jilbab yang tepat untuk wajah persegi, anda bisa kok terlihat lebih feminin. Jilbab mulai banyak dikenakan oleh wanita di negara kita. Dengan model jilbab yang kontemporer ditambah dengan cara memakai jilbab yang modern, maka anda ..

23 November, 2012

Krim Malam untuk Usia 20an

Krim Malam untuk Usia 20an – Menggunakan krim malam adalah salah cara mencegah penuaan dini, dan bisa anda gunakan sejak usia anda 20an. Malam hari adalah waktu yang tepat untuk melakukan perawatan kulit, karena pada malam hari penyerapan produk perawatan kulit dan pengelupasan kulit lebih optimal. Itu adalah alasan mengapa kita perlu menggunakan krim malam. ..